Senin, 01 April 2013

SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH

SISTEM PENGOLAHAN AIR LIMBAH
Definisi air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tangga termasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman, serta air limbah industri rumah tangga yang tidak mengandung bahan beracun dan berbahaya. Sarana dan prasarana pengolahan air limbah adalah semua peralatan dan bangunan penunjangnya yang berfungsi dalam pengelolaan air limbah mulai dari sumber timbulan air limbah sampai pengolahan akhir.
Karakteristik Air Limbah perlu dikenal karena hal ini akan menentukan cara pengolahan yang tepat sehingga tidak mencemari lingkungan hidup. Secara garis besar karakteristik air dapat digolongkan sebagai berikut:
1.    Karakteristik fisik
Sebagian besar terdiri dari air dan sebagian kecil dari bahan-bahan padat dan suspensi. Terutama air limbah rumah tangga, biasanya berwarna suram seperti larutan sabun, sedikit berbau. Kadang-kadang mengandung sisa-sisa kertas, berwarna bekas cucian dan sayur, bagian-bagian tinja dan sebagainya
2.    Karakteristik kimiawi
Biasanya air buangan ini mengandung campuran zat- zat kimia anorganik yang berasal dari air bersih serta bermacam-macam zat organik berasal dari penguraian tinja, urine dan sampah sampah lainnya. Oleh sebab itu pada umumnya bersifat basa pada waktu masih baru dan cenderung ke asam apabila sudah mulai membusuk. Substansi organik dalam air buangan terdiri dari dua gabungan, yakni:
- Gabungan yang mengandung nitrogen, misalnya
 urea, protein, amine dan asam amino.
- Gabungan yang mengandung nitrogen, misalnya
 lemak, sabun dan karbohidrat, termasuk selulosa.
3.    Karakteristik bakteriologis
Kandungan bakteri patogen serta organism golongan coli terdapat juga dalam air limbah tergantung darimana sumbernya namun keduanya tidak berperan dalam proses pengolahan air buangan. Sesuai dengan zat-zat yang terkandung didalam air limbah,maka air limbah yang tidak diolah terlebih dahulu akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup, antara lain:
~ Menjadi Transmisi atau media penyebaran berbagai penyakit, terutama kolera, thypus abdominalis dan disentribasiler.
~ Menjadi media berkembang biak mikroorganisme pathogen
~ Menjadi tempat berkembang biak nyamuk atau tempat hidup larva nyamuk
~ Menimbulkan bau yang tidak enak serta pandangan yang tidak sedap
~ Merupakan sumber pencemaran air permukaan,tanpa dan lingkungan hidup lainnya
~ Mengurangi produktivitas manusia karena orang bekerja dengan tidak nyaman dan sebagainya.

Sumber Air Limbah Limbah, sampah, dan kotoran yang berasal dari rumah tangga, perusahaan, atau kendaraan merupakan masalah serius yang perlu diperhatikan untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Pembuangan sampah rumah tangga dibiasakan pada tempat sampah, karena itu tempat sampah seharusnya selalu tersedia di lingkungan rumah tempat tinggal sesuai dengan jenisnya, sampah basah (garbage), sampah kering (rubbish), dan sisa-sisa industri (industrial waste). Selain itu, kebiasaan meludah, buang air kecil dan besar (human excreta), air limbah (sewage) juga harus dikelola dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan di sekitar kita.

0 komentar:

Posting Komentar